Menjadi Cantik dan Tampan dengan Perawatan Alami

Senin, 01 Maret 2010

Saat ini, banyak orang percaya bahwa sehat itu cantik, dan cantik itu sehat. Dibolak-balik seperti apapun, intinya adalah cantik dan sehat luar dalam.
Dan sudah bukan rahasia lagi bahwa faktor usia mempengaruhi kemampuan alamiah kulitnya. Di awal usia 30-an, terjadilah proses penuaan dengan ditandai munculnya kerut-kerut halus di sudut mata dan bibir.
Genetik, ras, hormon dan lingkungan merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi penuaan kulit. Faktor lain yang turut "merusa
k" kulit adalah rendahnya kelembaban udara, ruang ber-AC, paparan angin, polusi udara,air serta limbah beracun.
Tak terkecuali, hal-hal yang berkaitan dengan pembentukan radikal bebas atau elektron sisa pembakaran yang tidak berpasangan. Karena tidak berpasangan, radikal bebas akan menjadi reaktif lalu menarik molekul lain sehingga cenderung merusak.

Mandi itu penting

Untuk perawatan tubuh, mandi itu memegang peranan penting karena mengandung banyak khasiat. Agar berkhasiat, mandi harus dilakukan dengan benar. Bila dilakukan secara teratur, akan membantu melancarkan sirkulasi darah dan tubuh akan menjadi segar bugar dan bercahaya.
Menurut seorang pakar perawatan tubuh, mandi air hangat dan dingin memberik
an akibat yang berbeda. Air hangat akan membuat Anda rileks sedangkan air dingin justru akan membangkitkan semangat. Jadi jika Anda ingin memulai aktifitas Anda di pagi hari, sebaiknya Anda mandi dengan menggunakan air dingin agar tubuh menjadi segar.

Secara umum, sabun digunakan untuk membersihkan kotoran di tubuh. Saat Anda menyabun, disarankan agar jangan asal menyabun tapi lakukanlah sedikit pemijatan halus di tubuh.
Pengelupasan akan membuat kulit menjadi halus dan segar. Cara sederhana dan alamiah yang telah dilakukan secara turun-temurun antara lain dengan menggosokkan tumbukan biji-bijian (beras,biji gandum), buah oyong kering. Anda juga bisa membuat sendiri mangir yang mengandung bahan temugiring, kunyit, bubuk krangean, kayu cendana, atal dan beras. Batu apung hanya digunakan untuk menggosok tumit.

Selain cara di atas, Anda juga bisa melakukan mandi lengkap. Pernah dengar istilah mandi lengkap? Di Indonesia mandi lengkap umumnya meliputi rangkaian pemijatan,
pengelupasan kulit, pembersihan, penguapan dan mewangikan tubuh.
Pemijatan bertujuan untuk melemaskan tubuh dan melancarkan peredaran darah.
Selanjutnya pengelupasan dilakukan dengan mandi lulur yaitu meluluri tubuh dengan ramuan penyehat kulit. Selain mandi lulur, ada juga mandi susu. Mandi susu biasanya menggunakan susu hewan seperti susu sapi atau kambing.
Pemanasan atau penguapan dengan sauna biasanya dilakukan selama 5-10 menit. Penguapan ini dilakukan untuk melebarkan saluran pengeluaran dan melancarkan keluarnya keringat. Selanjutnya adalah proses mewangikan tubuh dengan berendam di air yang diberi pewangi atau rempah-rempah.

Wajah cling dan sedap dipandang

Untuk perawatan wajah, sebaiknya menggunakan sabun khusus wajah dengan pH balance. Bukan dengan sabun untuk tubuh karena kulit wajah bisa kering.

Selain sabun, Anda juga bisa menggunakan krim pembersih wajah. Untuk yang sering berada di ruangan ber-AC, sebaiknya menggunakan krim pembersih yang lebih kental. Krim pembersih wajah juga dapat membersihkan komedo di wajah Anda. Komedo muncul karena sel kulit mati menutupi pori-pori dan menghitam karena udara.
Sama halnya dengan pengelupasan kulit badan, kulit mati di wajah juga perlu dikelupas. Setelah pengelupasan, untuk mendapat hasil yang maksimal Anda bisa menggunakan masker untuk wajah. Pilihlah masker yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit Anda. Untuk yang alami, Anda bisa menggunakan putih telur sebagai masker Anda.

Lembabkan kulit

Setelah mandi dan membersihkan, jangan lupa melembabkan kulit Anda.
Dalam ruangan berpenyejuk, sebaiknya menggunakan pelembab (mosturizer) lebih banyak agar kulit tidak kering. Gunakan krim untuk tangan yang mengandung vitamin E dan gliserin agar kulit tidak pecah-pecah.
Hindarilah paparan sinar matahari langsung antara pukul 09.00-15.00. Kalaupun terpaksa harus berada di ruang terbuka, jangan lupa memakai pelindung misalnya topi atau payung. Pelindung lain adalah krim tabir surya sedikitnya yang mengandung SPF 15. Penggunaan krim tabir surya secara efektif setiap hari mencegah terjadinya penuaan dini.
Lain halnya dengan kulit di sekitar mata yang amat lembut. Pakailah krim mata anti keriput khusus yang lebih efektif ketimbang pelembab biasa. Pilih krim yang mudah diserap kulit dan mengandung vitamin E. Pencegahan lain dengan menggunakan kaca mata pelindung pada siang hari agar dahi tidak senantiasa berkerut menahan silau.

Asupan Makanan

Sebagian orang merasa yakin, makanan tertentu dapat merusak kulit. Pada kenyataannya, makanan tidak langsung membuat kulit berminyak atau berbercak.
Masalahnya lebih pada pola makanan yang tidak benar. Misalnya mengkonsumsi makanan berkarbohidrat dan berkalori tinggi, atau yang banyak mengandung zat pengawet, pewarna dan penyedap rasa.
Meski terasa klasik, kuncinya tetap mengkonsumsi makanan secara seimbang. Jangan sampai kekurangan vitamin atau mineral tertentu, yang bisa menyebabkan kerusakan kulit. Makanan kesehatan yang banyak ditawarkan sekarang ini bisa saja digunakan, namun hanya bila perlu.

Tak hanya makanan, mengkonsumsi minuman tertentu seperti kopi, teh atau alkohol yang terlalu banyak pun akan merusak kulit. Jenis minuman itu dapat mempertinggi keasaman tubuh serta dehidrasi yang kurang menguntungkan bagi kesehatan. Maka setiap hari sebaiknya minum air putih atau jus buah, yang berguna untuk mengeluarkan zat sisa dari tubuh dan membuat sel kulit tetap sehat. Sebaiknya tetap minum sebelum haus minimal 8-10 gelas (2-2,5 ltr) air putih sehari.

Tetap langsing

Langsing juga sering dikonotasikan dengan cantik.
Banyak cara yang dilakukan orang untuk tetap langsing misalnya dengan diet atau minum obat pelangsing. Tapi berhati-hatilah terhadap kedua cara ini, karena ada efek sampingnya.
Lakukanlah dengan cara alami, olah raga teratur, mengikuti pola makan sehat dan seimbang serta banyak minum air putih adalah solusi terbaik untuk menjaga agar tubuh tetap langsing, bugar dan sehat.

Sebenarnya, tidak sulit menjaga kemudaan kulit.
Terapkan pola makan alami seimbang, merawat tubuh, cukup istirahat, jauhkan stress dan olah raga teratur.
Tunggu apa lagi,lakukanlah hal-hal tersebut agar Anda tetap cantik dan tampan :-)

sumber: Intisari

Posting Komentar

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP