Jembatan Kaca Yang Mengagumkan

Rabu, 03 Maret 2010

Di abad milenium ini, kita banyak menjumpai berbagai hal dan peristiwa yang membuat kita berdecak kagum dan merasa heran. Canggihnya teknologi adalah alasan utama kenapa banyak hal menakjubkan bisa saja terjadi. Segala sesuatunya menjadi serba canggih dan menakjubkan. Salah satu contoh yang paling gampang adalah internet.
Internet memungkinkan kita untuk mendapat semua informasi yang kita butuhkan, berkomunikasi dengan siapa saja dan dimana saja dengan layanan chatting & webcam, mengirim surat atau berita melalui e-mail, melakukan transaksi banking, bahkan berbelanja kebutuhan sehari-hari bisa dilakukan melalui internet tanpa perlu bersusah payah harus pergi ke pasar atau super market yang terdekat dengan lokasi tempat tinggal Anda.

Selain dunia komunikasi, salah satu kecanggihan yang bisa kita lihat di abad milenium ini adalah banyaknya kita jumpai bangunan atau gedung-gedung pencakar langit yang pada pembangunannya menggunakan struktur dan konstruksi yang jauh lebih kokoh karena tahan terhadap berbagi macam kerusakan yang mungkin akan ditimbulkan oleh bencana alam seperti: banjir, gempa bumi, tanah longsor, angin ribut atau angin puting beliung yang banyak terjadi di negara-negara Eropa, ataupun tsunami yang belakangan ini banyak terjadi.

Kecanggihan struktur dan konstruksi tidak hanya bisa kita jumpai pada bangunan atau gedung pencakar langit, tetapi kita juga bisa menjumpainya pada struktur dan konstruksi jembatan. Kita ambil saja contoh tentang jembatan yang terpanjang di dunia. Ada beberapa versi daftar jembatan terpanjang di dunia. Dan ternyata definisi jembatan itu sendiri juga berbeda. Menurut versinya wikipedia , jembatan terpanjang di dunia adalah Bang Na Expressway di Thailand yang panjangnya mencapai 54 KM. Sementara versi lain memasukkan sebuah jembatan ke dalam daftar terpanjang hanya bisa keseluruhan ruas jembatan berada diatas air. Nyatanya Bang Na Expressway sebagian panjangnya berada di daratan dan lebih cocok disebut sebagai viaduct dibandingkan dengan jembatan.

Selain jembatan terpanjang di dunia ada sebuah jembatan yang unik dan mengagumkan yang baru-baru ini saya lihat di salah satu website ketika saya sedang browsing di internet. Jembatan ini menggunakan struktur baja dan bahan bangunan yang digunakan untuk tempat kita berpijak atau melangkah diatas jembatan tersebut adalah kaca dan jembatan ini dinamai Jembatan Kaca. Bayangkan bagaimana rasanya jika Anda berjalan diatas jembatan kaca yang berada di atas ketinggian tertentu dari permukaan tanah. Ini benar-benar merupakan hal yang menakjubkan. Kita bisa melihat ke bawah dan menikmati pemandangan yang luar biasa indah saat kita berjalan di jembatan itu. Kita akan serasa berjalan di awang-awang. Bagi Anda yang memiliki phobia terhadap ketinggian, saya sarankan untuk berpikir panjang dulu sebelum mencobanya, karena Anda pasti sudah ketakutan hanya dengan melihat gambar-gambar nya saja. Namun saya juga ragu, apakah Anda yang tidak memiliki phobia terhadap ketinggian juga berani melakukannya, berjalan diatas jembatan kaca yang berada pada ketinggian tertentu dari permukaan tanah?
Lihat saja gambar-gambar menakjubkan ini dan tanyakan pada diri Anda sendiri.

Jembatan kaca akan ditangguhkan 4000 kaki di atas sungai Colorado di tepi Grand Canyon.


















Pada Mei 2005, ujian terakhir dilakukan dan struktur rekayasa melewati persyaratan oleh 400%, memungkinkan untuk menahan berat badan dari 71 fully loaded Boeing 747 airplanes (lebih pada 71 juta pon).





Jembatan akan akan dapat menopang angin lebih dari 100 mil per jam dari 8 arah yang berbeda, serta gempa bumi berkekuatan 8,0 dalam 50 mil.
Lebih dari 1 juta pon baja akan masuk ke pembangunan Grand Canyon Skywalk.













Posting Komentar

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP